Kanker Tulang: Penyebab, Gejala dan Pengobatan

kanker+tulang Kanker Tulang: Penyebab, Gejala dan Pengobatan
Kanker tulang adalah jenis kanker yang dapat mempengaruhi baik anak-anak dan orang dewasa, meskipun lebih sering terjadi pada anak-anak dan remaja. Hal ini dikategorikan berdasarkan apakah kanker berasal dari tulang (primer) atau apakah itu menyebar dari lokasi lain ke tulang (sekunder). Kanker tulang sekunder, atau kanker yang telah menyebar ke tulang dari bagian lain tubuh, jauh lebih umum dari kanker tulang primer. Bahkan, kanker tulang primer dianggap kejadian langka.
Ada beberapa jenis kanker tulang primer, termasuk:
•    Osteosarcoma
•    Chondrosarcoma
•    Ewing’s sarcoma
•    Malignant fibrous histiocytoma
•    Fibrosarcoma
•    Chordoma
Osteosarcoma, chondrosarcoma, dan Ewing’s sarkoma adalah jenis yang paling sering didiagnosis kanker tulang. Jenis-jenis kanker lain yang dapat terjadi pada tulang, seperti limfoma dan multiple myeloma. Limfoma paling sering berkembang di dalam kelenjar getah bening, tetapi dapat dimulai dalam tulang. Multiple myeloma mempengaruhi sel-sel sumsum tulang, bukan sel-sel tulang yang sebenarnya, sehingga tidak ditandai sebagai kanker tulang.

Penyebab Kanker Tulang
Meskipun kita tidak dapat menentukan persis mengapa kanker tulang terbentuk, peneliti telah menemukan bahwa beberapa kondisi turun temurun dapat meningkatkan risiko kanker tulang. Contoh kondisi turun-temurun yang dapat meningkatkan risiko kanker tulang meliputi:
•    Multiple exostoses
•    Rothmund-Thomson syndrome
•    hereditary retinoblastoma
•    Li-Fraumeni syndrome

Pengobatan terapi radiasi sebelumnya telah dikaitkan dengan kanker tulang. Hubungan ini kuat jika terapi radiasi yang diberikan selama masa kanak-kanak. Namun bukan berarti bahwa terapi radiasi sebagai pengobatan kanker berbahaya atau tidak aman. Bagi kebanyakan orang yang memiliki kanker, manfaat terapi radiasi memiliki risiko yang jauh melebihi apapun.
Gejala Kanker Tulang
Gejala dapat bervariasi berdasarkan jenis kanker tulang, tetapi rasa sakit (nyeri) adalah gejala yang paling sering dialami. Kanker tulang yang paling sering terjadi adalah pada tulang panjang dari tubuh (lengan dan kaki), jadi ini adalah tempat yang paling umum untuk nyeri. Perlu diingat bahwa tidak semua tumor bersifat kanker tulang, ada beberapa yang jinak .

Gejala lain dari kanker tulang meliputi:
•    Peradangan sendi
•    Patah tulang karena kelemahan tulang
Gejala tidak spesifik seperti demam, penurunan berat badan yang tidak disengaja, kelelahan, dan anemia juga bisa gejala kanker tulang.

Pengobatan Kanker Tulang
Kunci untuk pengobatan yang sukses adalah menghubungi tim perawatan (dokter onkologi) yang berpengalaman dalam kanker tulang primer. Banyak jenis kanker tulang sangat jarang terjadi dan memiliki tim yang sangat berpengalaman dalam mengelola kanker tulang adalah sebuah kebutuhan. Beberapa jenis dokter membentuk tim-tim pengobatan unik dan termasuk ahli onkologi medis, ahli onkologi radiasi, ahli radiologi, ahli onkologi bedah, ahli kanker ortopedi, dan patolog khusus.

Ada tiga bentuk standar pengobatan untuk kanker tulang primer: pembedahan, terapi radiasi, dan kemoterapi. Sering kali, membutuhkan lebih dari satu metode perawatan, seperti operasi bersama dengan terapi radiasi. Pengobatan bervariasi bergantung padan jenis kanker tulang, apakah telah menyebar (metastasis), dan faktor kesehatan umum.

 
Operasi / Bedah
Kanker tulang ini paling sering dirawat dengan operasi. Pembedahan untuk kanker tulang yang belum menyebar yaitu dengan membuang jaringan kanker dan sebagian kecil jaringan tulang yang sehat di sekitarnya. Beberapa tumor mungkin memerlukan kemoterapi atau terapi radiasi di samping pengobatan bedah.

Terapi radiasi
Terapi radiasi menggunakan tipe tertentu energi tinggi sinar radiasi untuk mengecilkan tumor atau menghilangkan sel-sel kanker. Terapi radiasi bekerja dengan cara merusak DNA sel kanker itu, membuatnya tidak dapat berkembang biak. Meskipun terapi radiasi dapat merusak sel-sel sehat di dekatnya, sel-sel kanker sangat sensitif terhadap radiasi dan biasanya mati ketika diobati. Sel-sel sehat yang rusak selama radiasi seringkali dapat sepenuhnya pulih.

Kemoterapi
Kemoterapi seringkali diresepkan untuk mengobati kanker tulang. Obat kemoterapi bekerja dengan menghilangkan sel-sel kanker. Namun, ada sel-sel sehat lainnya dalam tubuh yang berkembang biak dengan cepat, seperti sel-sel folikel rambut. Sayangnya, banyak obat kemoterapi mungkin tidak mampu membedakan keduanya, menyerang sel sehat dan menyebabkan efek samping seperti rambut rontok. 

 
Referensi about.com

Leave a Comment